MENGENAL BETAWI DAN PENDUDUKNYA

MENGENAL BETAWI DAN PENDUDUKNYA - Hallo sahabat Info @ Depok, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MENGENAL BETAWI DAN PENDUDUKNYA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sejarah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MENGENAL BETAWI DAN PENDUDUKNYA
link : MENGENAL BETAWI DAN PENDUDUKNYA

Baca juga


MENGENAL BETAWI DAN PENDUDUKNYA


Wilayah geografi atau peta bumi adalah daerah tempat berdiam suatu suku bangsa. Tempat berdiam itu berbatas dengan tempat berdiam suku bangsa lain yang biasanya dibedakan dengan bahasa pergaulan yang dipergunakannya.
Wilayah geografi Betawi tidak sama dengan wilayah geografi Jakarta. Wilayah geografi Jakarta adalah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
Dimanakah letak wilayah tempat berdiam orang Betawi? Orang Betawi berdiam di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Geografinya terletak di antara batas-batas sebagai berikut:
1. Sebelah barat sungai Cisadane
2. Sebelah timur sungai Citarum (bahkan jauh sampai Batu Jaya, Kerawang)
3. Sebelah selatan kaki gunung Salak
4. Sebelah utara laut Jawa.
Wilayah tempat orang Betawi berdiam itu meliputi daerah propinsi DKI Jakarta, daerah propinsi Banten, dan daerah propinsi Jawa Barat. Perinciannya sebagai berikut :
1. Propinsi DKI Jakarta
2. Kabupaten Tangerang
3. Kota Tangerang
4. Kota Tangerang Selatan
5. Kabupaten Bekasi
6. Kota Bekasi
7. Kota Depok
8. Sebagian daerah kabupaten Bogor (Parung, Gunung Sindur, Bojong Gede, dan sebagian Cibinong)
9. Sebagian Kerawang (Batu Jaya, Pakis Jaya)
Secara administratif orang Betawi ada yang menjadi penduduk DKI Jakarta, penduduk kabupaten Tangerang, penduduk kotamadya Tangerang, penduduk kabupaten Bekasi, penduduk kotamadya Bekasi, penduduk kotamadya Depok, dan penduduk kabupaten Bogor.
WILAYAH KEBUDAYAAN BETAWI
Wilayah kebudayaan Betawi meliputi daerah dimana terdapat kelompok orang Betawi. berdiam. Di wilayah tempatnya berdiam itu mereka bercakap-cakap dalam bahasa Betawi. Kesenian Betawi menjadi salah satu sarana hiburannya. Wilayah kebudayaan Betawi meliputi :
1. Sub wilayah kebudayaan Betawi Pesisir
Sub wilayah kebudayaan Betawi Pesisir meliputi daerah darat dan pulo.
a. Daerah darat yaitu Dadap, Muara Baru, Sunda Kalapa, Kampung Japad, Kampung Bandan, Ancol, Tanjung Priuk, Marunda.
b. Daerah pulo yaitu Kabupaten Kepulauan Seribu.
2. Sub wilayah kebudayaan Betawi Tengah/Kota meliputi daerah yang di jaman Kolonial disebut Weltevreden, dan Meester Cornelis yaitu: Glodok, Krukut, Jembatan Lima, Tambora, Tanah Sereal, Petojo, Gambir, Sawah Besar, Pecenongan, Taman Sari, Pasar Baru, Kebon Sirih, Kampung Lima, Tanah Abang, Kwitang, Senen, Gunung Sahari, Kramat, Salemba, Cikini, Gondangdia, Matraman, Pal Meriam, Jatinegara, Kampung Melayu, Tebet, Manggarai.
3. Sub wilayah kebudayaan Betawi Pinggir adalah daerah-daerah propinsi DKI Jakarta yang tidak termasuk Betawi Pesisir atau Betawi Tengah.
4. Sub wilayah kebudayaan Betawi Ora/Udik terdapat di kabupaten Tangerang, kota Tengerang, kota Tangerang Selatan (Tangsel), kabupaten Bekasi, kota Bekasi, kota Depok, sebagian kabupaten Bogor.
Tentu ini masih dapat diperdebatkan, lantaran rekam jejak keetnisan Betawi kian hari kian melebar, melewati batas-batas yang disebutkan itu.
Jadi, kini Orang Betawi bertempat tinggal menyebar di tiga propinsi yaitu Provinsi DKI Jakarta, Banten (kota dan kabupaten Tangerang), dan Jawa Barat (kota dan kabupaten Bekasi, kota dan kabupaten Karawang, kota Depok, dan kabupaten Bogor, serta Kerawang). Orang Betawi berdasarkan statistik BPS tahun 2002 merupakan penduduk kedua terbesar (27%) setelah Jawa (32%). [dari berbagai sumber]

sumber artikel: DEPOK TEMPO DOELOE


Demikianlah Artikel MENGENAL BETAWI DAN PENDUDUKNYA

Sekianlah artikel MENGENAL BETAWI DAN PENDUDUKNYA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel MENGENAL BETAWI DAN PENDUDUKNYA dengan alamat link http://infodepokontime.blogspot.com/2016/07/mengenal-betawi-dan-penduduknya.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL BETAWI DAN PENDUDUKNYA"

Posting Komentar