Sungai Ciliwung Depok - Cornelis Chastelein dan Para Budaknya

Sungai Ciliwung Depok - Cornelis Chastelein dan Para Budaknya - Hallo sahabat Info @ Depok, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sungai Ciliwung Depok - Cornelis Chastelein dan Para Budaknya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sejarah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sungai Ciliwung Depok - Cornelis Chastelein dan Para Budaknya
link : Sungai Ciliwung Depok - Cornelis Chastelein dan Para Budaknya

Baca juga


Sungai Ciliwung Depok - Cornelis Chastelein dan Para Budaknya



Sungai Ciliwung Depok - Cornelis Chastelein dan Para Budaknya
Alkisah di akhir abad XVII, seorang Belanda pensiunan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) membeli beberapa bidang tanah yang salah satunya adalah di kawasan aliran Sungai Ciliwung yang menghubungkan Batavia (Jakarta) dan Buitenzorg (Bogor) seluas 1.244 hektar. Kawasan aliran Ciliwung yang dibelinya saat itu masih berupa hutan yang mana terdapat padepokan tempat orang-orang sisa Kerajaan Padjajaran berkegiatan spiritual dan olah kanuragan. Salah satu versi sejarah Depok mengatakan bahwa dari kata padepokan inilah kata Depok itu berasal.
Ketika membuka hutan, Chastelein membawa 12 orang budak lengkap dengan keluarganya untuk dipekerjakan. Budak-budak zaman VOC yang dibawa Chastelein itu adalah orang-orang yang berasal dari suku Ambon, Bali, Bugis, dan Sunda. Walaupun pekerja-pekerjanya itu berstatus sebagai budak, mereka diperlakukan dengan sangat manusiawi. Pendidikan yang layak diberikan kepada kaum budak pekerja itu serta dibimbing untuk menjadi orang yang beragama Kristen Protestan melalui De Erstee Protestante Organisatie van Christenen (Depoc). Kemudian, dari versi sejarah gereja di Depok mengatakan kata Depok berasal dari Depoc ini.

Melihat Sungai Ciliwung yg sekarang Kita patut bersyukur, perubahannya sangat signifikan.. sudah lebih kelihatan Bersih bebas sampah..
patut kita apresiasi untuk para Volunteer juga para komunitas yang selalu bahu membahu dalam membersihkan sungai ini yang tergabung dalam@komunitasciliwungdepok

#depok #kotadepok #ciliwung#merahputih #mtma #vscom#penjajahan #belanda #indoensia #voc#sungai #sejarah #xvii #depoc #cornelis


sumber artikel : 

 @mtma_depok  https://www.instagram.com/p/BJAesKfhWbU/



Demikianlah Artikel Sungai Ciliwung Depok - Cornelis Chastelein dan Para Budaknya

Sekianlah artikel Sungai Ciliwung Depok - Cornelis Chastelein dan Para Budaknya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sungai Ciliwung Depok - Cornelis Chastelein dan Para Budaknya dengan alamat link http://infodepokontime.blogspot.com/2016/08/sungai-ciliwung-depok-cornelis.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sungai Ciliwung Depok - Cornelis Chastelein dan Para Budaknya"

Posting Komentar