Tugu Batu Sawangan Depok - Simbol Perlawanan Melawan Belanda

Tugu Batu Sawangan Depok - Simbol Perlawanan Melawan Belanda - Hallo sahabat Info @ Depok, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tugu Batu Sawangan Depok - Simbol Perlawanan Melawan Belanda, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sejarah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tugu Batu Sawangan Depok - Simbol Perlawanan Melawan Belanda
link : Tugu Batu Sawangan Depok - Simbol Perlawanan Melawan Belanda

Baca juga


Tugu Batu Sawangan Depok - Simbol Perlawanan Melawan Belanda



DEPOKONTIME -Tugu Batu Sawangan - Depok, Simbol Perlawanan Melawan Belanda

Disini tentara NICA (Belanda) pada bulan Nopember 1945 pernah dihancurkan oleh TKR (Tentara Keamanan Rakyat), para pemuda pejuang bersama rakyat wilayah Sawangan dalam Perang Kemerdekaan. Sawangan, 29 Desember 1979, ditandatangani Bupati Kdh Tkt II Bogor, H. Ayip Rugats". Kalimat heroik itu terukir di atas Batu Hitam lonjong di depan jalan masuk perbatasan Kelurahan Sawangan Baru-Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Inilah kebanggaan seluruh warga Sawangan yang ikut andil dalam mempertahankan hak (sekecil) apapun. "(Penjajah) Belanda kami bikin kocar-kacir ketika mau menguasai lahan kami ini, tentu dengan taktik dan strategi perang kami yang sederhana," ungkap Ri'an bin Ri’in (80) salah satu saksi sejarah yang tersisa sewaktu ditemui di rumahnya RT 01/RW 07 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan.

Ri'an mengatakan, saat itu sekitar tahun 1949, ia dan warga Sawangan bersama TKR pimpinan Basyir beramai-ramai membuat jebakan bagi musuh dengan menggali tanah untuk dijadikan parit, yang kini dijadikan Kali yang ditembus sampai Pesanggerahan diberi nama Kali Caringin berlokasi dekat Parung Bingung. Ketika sekutu terdiri dari balatentara Inggris diboncengi Belanda akan masuk wilayah Sawangan maka mobil perang yang diisi para serdadu Sekutu pun sebagian tersungkur masuk parit selanjutnya warga Sawangan dan TKR menyerbu. Alhasil, para penjajah asing itu sebagian kembali lagi ke Batavia dan mereka gagal menguasai kembali Sawangan.

Kembalinya Belanda ke Sawangan, rupanya, dilatarbelakangi asset kekayaan yang dikelola Von Baron asal Belanda. Wilayah (kecamatan) Sawangan yang dipenuhi kebun karet, saat itu, merupakan tempat mengolah hasil kebun karet (yang kini ditandai oleh Gentong Besar, dan telah dipakai sebagai lambang Perumahan Gentong Permai). “Saya memang sempat menjadi kuli pengolahan karet di kebon milik Tuan Von Baron,” ujarnya Ri’an didampingi Asmit,39, anak ke-5 dari tujuh bersaudara.


sumber : @mtma_depok https://www.instagram.com/p/BI_IryGDA-n/

#mtma #pahlawan #belanda #depok#kotadepok #sawangan #sejarah#welovedepok #weloveindonesia#kemerdekaan #tugubatu#mtmawestjava #indonesia



Demikianlah Artikel Tugu Batu Sawangan Depok - Simbol Perlawanan Melawan Belanda

Sekianlah artikel Tugu Batu Sawangan Depok - Simbol Perlawanan Melawan Belanda kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tugu Batu Sawangan Depok - Simbol Perlawanan Melawan Belanda dengan alamat link http://infodepokontime.blogspot.com/2016/08/tugu-batu-sawangan-depok-simbol.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugu Batu Sawangan Depok - Simbol Perlawanan Melawan Belanda"

Posting Komentar